Finalisasi Penyusunan Pedoman Pemantauan dan Evaluasi Pelatihan Teknis Potensi SAR di Yogyakarta


YOGYAKARTA - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) melalui Direktorat Bina Potensi melaksanakan rapat finalisasi penyusunan pedoman, pemantauan, dan evaluasi pelatihan teknis potensi SAR di Hotel Horisson Yogyakarta. Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari mulai Rabu 22 juli sampai 26 juli 2019 dan dibuka secara langsung oleh Direktur Bina Potensi Marsekal Pertama TNI F.Indrajaya, S.E., M.M.

Dalam sambutan pembukaannya Direktur Bina potensi Basarnas mengatakan untuk mewujudkan tata kelola pelatihan teknis potensi pencarian dan pertolongan, perlu dilakukan pemantauan pelatihan teknis potensi pencarian dan pertolongan.

"Tugas pemantauan harus dilaksanakan, agar pelaksanaan pelatihan teknis potensi pencarian dan pertolongan dapat terus terjaga sesuai dengan standart dan pedoman yang telah ditetapkan", ucapnya.

Jendral Bintang satu ini menjelaskan capaian mutu pelatihan teknis potensi pencarian dan pertolongan, diarahkan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten sesuai amanah Undang-Undang nomor 29 tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan. 

"Basarnas berkewajiban menyiapkan tenaga pencari dan penolong yang di implementasikan dalam bentuk pelatihan teknis potensi pencarian dan pertolongan terhadap sumber daya manusia guna mendukung penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan", tambah Marsekal Pertama F. Indrajaya.

Ada beberapa peraturan yang sudah di sahkan dalam penyelenggaraan pelatihan teknis potensi pencarian dan pertolongan yaitu Peraturan Basarnas nomor 4 tahun 2018 tentang Standar Lompetensi Teknis Pencarian dan Lertolongan; Peraturan Basarnas Momor 5 tahun 2018 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Potensi SAR; Keputusan Kepala Basarnas nomor SK.KBSN-135/IX/BSN-2018 tentang Kurikulum Lelatihan Teknis di bidang Pencarian dan Pertolongan bagi Potensi SAR.

Finalisasi penyusunan pedoman pemantauan dan evaluasi pelatihan teknis potensi SAR di ikuti oleh 15 orang dari Direktorat Bina Potensi Basarnas, 4 orang dari Biro Hukum dan kepegawaian Basarnas dan 9 orang Dari Kantor Basarnas Yogyakarta.(ppt/hms114)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Recylia
24 July 14:00 WIB