Kantor Pencarian Dan Pertolongan Yogyakarta (0274) 6498080


BASARNAS YOGYAKARTA GELAR LATSARDA TAHUN 2020 DI PANTAI SADENG


 

BANTUL,Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Yogyakarta menggelar Latsarda 2020 (Latihan SAR Daerah) selama 6 hari yang di mulai dari tanggal 31/8/2020-5/9/2020.Pelaksanaan Latsarda kali di ikuti oleh 15 orang rescuer Kantor Basarnas Yogyakarta dan potensi SAR yang ada di kab.Gunungkidul.Dalam Latsarda tahun 2020 ini adalah latihan operasi sar terhadap KMM orang tenggelam dipantai Sadeng

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta Bapak L.Wahyu Efendi,S.Sos.,M.M. membuka lansung kegiatan Latsarda 2020 di Lantai 2 Kantor Basarnas Yogyakarta.Dalam pembukaan Latsarda 2020 ini tetap dengan Protokol Kesehatan mengingat kali ini kita masih dalam masa Pandemi Covid 19.Pembukaan yang di hadiri Pejabat Kantor Basarnas Yogyakarta juga di hadiri oleh Kasi Siaga Direktorat Siaga dan Latihan Basarnas Pusat Bapak Rio Banupanitis,S.E.dan tim supervisi serta tim Instruktur dari Kantor Pusat Basarnas Jakarta.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta  L.Wahyu Efendi,S.Sos.,M.M. mengatakan bahwa dalam rangka meningkatkan optimalisasi suatu penyelenggaraan Operasi SAR dibutuhkan berbagai strategi dan cara yang bersifat teknis maupun nonteknis, satu diantaranya ialah dengan kegiatan Latihan SAR Daerah. Tentunya selain untuk peningkatan knowledge dan skill personil, kegiatan semacam ini  sekaligus menjadi ajang bagi kita menguji standar operasional prosedur Operasi SAR, menguatkan koordinasi dengan stakeholder terkait, serta bersinergi dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi setiap kejadian marabahaya. Melihat dari data Kantor Pencarian dan Pertolongan Yogyakarta pada setiap tahunnya yang cenderung meningkat, persentase Operasi SAR terhadap kondisi membahayakan manusia menjadi jenis kejadian yang paling dominan yaitu mencapai 75%, lebih spesifiknya yaitu kejadian marabahaya orang tenggelam.

L.Wahyu Efendi,S.Sos.,M.M. menambahkan Oleh karena itu, pada tahun 2020 ini akan diselenggarakan kegiatan Latihan SAR Daerah (LATSARDA) penyelenggaraan Operasi SAR terhadap KMM (Kondisi membahayakan manusia) orang tenggelam di perairan pantai Sadeng dan sekitarnya, yang melibatkan secara gabungan personil rescuer Kantor SAR dan beberapa potensi SAR di wilayah Gunungkidul. Kegiatan akan berpedoman pada rencana garis besar dan skenario latihan yang telah disusun sebelumnya.

Saya Selaku pimpinan, penting pula saya sampaikan kepada semua pihak yang nantinya terlibat pada pelaksanaan Latsarda tahun ini, agar selalu menjaga kebugaran fisik mental, mengutamakan safety.Untuk istruktur,peserta dan panitia sudah melaksanakan Rapidtest dgn hasil noreaktif utk mendukung pencegahan penyebaran covid 19 dan latihan ini sdh mendapat rekomendasi dari gugus tugas Covid DIY.Tak lupa saya berpesan, selamat berlatih, lakukan dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya dengan tetap menjalankan dan mematuhi protokol kesehatan dengan kedisiplinan yang tinggi selama beraktivitas selama masa tanggap darurat covid-19.(ppt/hms114)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : yogyakartaadmin
31 August 18:30 WIB